Sign in

or

Email
Password

UNIKNYA TRADISI MERAYAKAN LEBARAN DI BERBAGAI NEGARA

By Tabita Adinda |

 

Hari Raya Idul Fitri pastinya merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Biasanya momen ini digunakan untuk berkumpul bersama keluarga, bersilaturahmi, makan-makan dan lain sebagainya. Nah, masing-masing negara pasti punya budaya atau tradisi halal bihalal yang berbeda-beda, cari tau keunikannya dalam artikel ini, yuk!

 

1. India

 

Photo source : blogunik.com

 

Penduduk muslim di India terbilang cukup banyak. Biasanya mereka akan merayakan Lebaran di New Delhi. Ibu kota dari India tersebut memang menjadi pusat perayaan lebaran. Hidangan yang tidak pernah absen saat Lebaran di India adalah Siwaiyaan, yaitu makanan bihun manis kering yang disajikan dengan susu. Umm.. looks yummy!

 

2. Arab Saudi

 

Photo source : IBTimes India

 

Kalo di Indonesia Lebaran identik dengan berbagai makanan lezat, beda halnya di Riyadh, Arab, Saudi. Jika lebaran tiba maka suasana di negara tersebut akan kental dengan acara kesenian. Sejumlah pagelaran akan diadakan, mulai dari teater, baca puisi, pertunjukan musik hingga parade. Untuk makanan khas Lebaran yang pasti selalu ada adalah daging domba yang dicampur dengan nasi ditambah dengan sayuran tradisional. Tertarik nyoba, girls?

 

3. Turki

 

Photo source : www.trekearth.com

 

Satu yang unik yang tidak pernah absen jika lebaran di Turki adalah festival gula atau Seker Bayram. Seker Bayram sendiri merupakan sebutan lain untuk hari raya Idul Fitri. Di hari itu, semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.

 

4. Australia

 

Photo source : www.abc.net.au

 

Meskipun bukanlah negara dengan mayoritas muslim, namun pemerintah tetap menetapkan hari libur saat ebaran dan mereka akan mengeluarkan aturan bahwa seluruh umat muslim di Australia berhak untuk menggunakan jalan umum untuk melakukan shalat Ied. Tak hanya itu, Lebaran di Australia akan dimeriahkan dengan festival multi kultur yang tidak hanya melibatkan umat Muslim, tapi juga kaum agama lain untuk ikut serta memeriahkan acara tersebut. Acara tersebut terbuka untuk umum, bahkan pejabat sekalipun mau datang ke festival tersebut. How cool!

 

5. Amerika Serikat

 

Photo source : www.moroccoworldnews.com

 

Keunikan lebaran di Amerika Serikat bukanlah soal makanan atau pernak perniknya, melainkan penentuan waktunya. Jika di Indonesia dilakukan sidang isbat untuk penetapan hari Lebaran, maka di Amerika Serikat hal tersebut tidak terjadi. Sehingga penduduk Amerika Serikat akan mengonfirmasi penetapan 1 Syawal melalui kerabat mereka dengan sambungan telpon ataupun email.

 

6. Malaysia

 

Photo source : holidaysinmalaysia.org

 

Negara tetangga terdekat kita ini memiliki tradisi merayakan Lebaran yang cukup mirip dengan Indonesia. Makanan yang pasti ada saat Lebaran adalah ketupat dan rendang, hampir sama saja dengan apa yang dilakukan orang Indonesia. Jalinan silaturahmi dilakukan antara sanak saudara, di mana yang lebih muda memberikan hormat kepada yang lebih tua dan yang sudah bekerja atau sudah berpenghasilan bisa memberikan hadiah berbentuk uang kepada mereka. Pada saat Lebaran, mereka akan melakukan Shalat Ied, menyantap makanan bersama keluarga, dan setelah itu barulah mereka pergi berziarah ke makam sanak keluarganya.

 

*Photo source cover : www.aljazeera.com

 

Yuk Ikuti challenge #SiapRamadhan periode #5 dengan tema Tampil Fresh Saat Mudik Lebaran (klik di sini) dari tanggal 21 Juni sampai 30 Juni 2017. Cukup posting foto atau video di IG kamu dengan hashtag #SiapRamadhan #SiapTerus dan mention @cleanandclearid @alfamart semua postingan kamu akan mendapatkan kejutan seru dari Clean & Clear. Selain itu, 2 postingan paling seru juga akan mendapatkan Grand Prize PHILIPS KeraShine Hair Straightener lho! Jadi, jangan lupa ikutan challenge  #SiapRamadhan bareng Clean & Clear yaa!

 

 

 

AUTHOR

Tabita Adinda

Hi everyone! Namaku Tabita Adinda Staffanie, sering dipanggil tabita / dinda. Umur aku 20thn. Aku berasal dari Jakarta tapi saat ini aku kuliah di UPN V Jatim, semester 6, jurusan Ilmu Komunikasi. Hobi aku adalah nyanyi,makan dan jalan2. Interest aku adalah all about fashion. My biggest dream bisa jadi fashion stylist, punya cafe dan brand lipstick sendiri.

Leave a Comment
0 comment
Silahkan login untuk menulis komentar