Sign in

or

Email
Password

FOR AN INTROVERT, THIS IS HOW THE WAY WE ADAPT IN THE NEW ENVIRONMENT

By Syafika Azmi Bastian |

 

“People think I’m ignoring them or that I don’t wanna talk to them, but in reality I’m just over thinking what I should say.” – Pinterest

 

Siapa girls di sini yang ngerasa punya kepribadian tertutup atau introvert? Kita suka susah beradaptasi di lingkungan baru entah kitanya yang bingung nggak tau apa yang harus dibicarain atau takut terhadap penilaian buruk orang atau kitanya sendiri yang cuek nggak peduli sama sekitar, atau nggak suka basa basi. Problem utama seorang introvert adalah mereka susah ngomong di depan publik. Jangankan di depan public, bahkan yang lebih parah mereka bingung mau ngomong apa pas nerima telpon.

Ngomongin soal self-acceptance seorang introvert mungkin too complicated, mereka identik dengan overthinking and too sensitive and sometime can be a perfectionist. Coba deh girls untuk lebih memahami diri kita, plus minus dari diri kita. Nggak semua orang berpikir sama dengan semua kemungkinan yang kita pikir itu kok. Jangan terlalu menduga-duga. Pernah dengar kalimat “Ekspektasi tak sesuai realita”? Tapi yang dimaksud di sini adalah semua skenario buruk yang kita pikir itu nggak selalu terjadi kok. Coba lebih berpikir positif dan jadilah seorang yang optimalis, jalani aja dulu, tetapkan rencana A, B, C tapi jangan pernah mengubah tujuan.

Tetep nggak manjur dengan petuah di atas? Ada beberapa jurus jitu buat kita yang susah beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru nih!

 

1. Smile Smile Smile

Girls, nggak susah kan kalo cuma senyum? Toh orang nggak bakal nyangka kalo kita punya bad day hari ini. Taunya mereka kita lagi seneng, nyapa orang baru dengan penuh antusiasme, pasti kita disangka orang yang ramah. Tinggal nunggu waktu aja orang-orang di tempat baru bakal nyapa kita duluan. Berikan senyum terbaik kalian abad ini ya. Good luck!

 

2. Give Attention

An introvert itu diam penuh arti, nggak sekedar bengong-bengong aja. Mereka memperhatikan sekeliling dengan sangat detail. Ada teman atau rekan kerja yang lalu lalang, mereka akan memperhatikannya. Beri senyuman dan kalimat penyemangat ke mereka.

 

3. Good Listener

Kita punya sensivitas yang tinggi, dan itu menguntungkan buat kita. An introvert is a good listener, no one can compare us. Kita bakal tau apa yang harus dilakukan hanya dengan melihat raut wajah, our intuition was our favorite superpower. Dan kita adalah penjaga rahasia yang baik.

 

Gimana? Nggak susah kan? Karena apa yang kita lakuin sesuai sama diri kita. Good luck girls!!!

 

*cover source by unsplash.com

 

 

AUTHOR

Syafika Azmi Bastian

Leave a Comment
0 comment
Silahkan login untuk menulis komentar