Sign in

or

Email
Password

Tips Merawat Muka Dengan Mudah

By Aulia |

Tips Merawat muka yang berikut ini bisa jadi pegangan kalau kamu merasa wajah mulai terasa kurang terawat. Pasti sudah tau, dong, kalau merawat muka menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Kamu nggak pengin, dong, kulit wajah terlihat kusam karena kurang perawatan?


Ada yang tahu kenapa muka harus dirawat? karena tanpa perawatan kulit muka akan terlihat kusam, mudah berjerawat, dan nanti kalau sedang mau dandan, make-up akan sulit menempel sempurna. Nah, ada beberapa tips merawat muka untuk mempermudah kamu yang punya segudang aktivitas setiap harinya dalam perawatan kulit wajah.

Tips Merawat Muka Dengan Mudah

 
Pertama, cari tahu jenis kulit kamu. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan perawatan wajah. 


Kedua, cuci muka dengan sabun khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit tadi setiap mandi pagi dan sebelum tidur. Jangan lupa, ya, sebelum tidur wajib membersihkan muka. Secapek apapun rasanya, pastikan kamu sudah mencuci bersih muka sebelum tidur. Kebayang nggak, tidur bersama kotoran di wajah sisa dari kegiatan kamu seharian? Hii, a big no!


Cara cuci mukanya gimana? Basuh wajah seolah kulit muka kamu adalah kain sutra! Jadi harus lembut dan perlahan. Jangan buru-buru dan jangan terlalu ditekan, karena jika terlalu keras ditekan bisa merusak pori-pori, loh! Cara menggunakan sabun cuci muka juga harus diperhatikan, seringkali kita membuat busa di tangan baru menggosok lembut ke kulit. Padahal menurut ahli dhermatologis, cara memakai sabun wajah yang benar adalah dengan menaruh sedikit sabun di beberapa bagian kulit muka (seperti dahi, kedua pipi, dan dagu), basahi tangan, baru gosok dengan lembut dan busakan langsung di muka. Dengan begini, kotoran di kulit wajah yang akan terangkat, bukan kotoran di tangan!


Ketiga, jangan lupa memakai pelembab setiap habis mencuci wajah. Ini penting dilakukan dalam rangka merawat muka, agar kelembapan kulit tetap terjaga. Dan lanjutkan dengan memakai tabir surya dengan SPF minimal 15. Oh iya, menghindari sengatan langsung matahari antara pukul 10 pagi – 2 siang juga membantu menjaga kulit terutama wajah. Kalau terpaksa banget keluar, bisa gunakantopi atau payung. Sinar matahari ini bisa menyebabkan keriput dini, flek hitam, dan meningkatkan resiko terkena penyakit kulit.


Keempat, jangan lupa untuk menjaga asupan air minimal 8 gelas sehari, untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Selain minum air putih, mengkonsumsi makanan dengan kadar air tinggi , seperti buah semangka, juga baik untuk perawatan kulit

Kelima, merawat muka itu asiknya dilakukan dengan hati yang senang. Biar happy dan makin seru, ajak ibu atau kakak atau sahabat perempuan kamu untuk merawat muka bersama. Ini ada dua pilihan, bisa berangkat bareng untuk facial di salon atau klinik kulit langganan, atau lakukan bersama di rumah.
Kalau di rumah, sekalian bikin scrub muka sendiri aja, gimana? Scrub alami yang cocok untuk semua jenis kulit adalah campuran madu, gula pasir, dan sedikit susu. Campurkan 1 sendok makan gula dengan 2 sdm madu dan 1 sdt susu. Tambahkan perasan jeruk nipis sedikit untuk mengontrol kadar minyak di wajah. Duh, serunya scrub muka bersama! Jangan lupa tutup mata dengan timun atau tomat dingin saat menunggu masker kering, ya!

Makin mudah merawat muka kalo bareng-bareng

Coba kelima tips merawat muka ini dan jangan lupa untuk melakukan perawatan muka dengan rutin untuk hasil yang maksimal. Karena merawat muka berarti menjaga kulit wajah agar terus sehat. Terakhir, mari berpikir positif, karena stress atau terlalu banyak pikiran bisa mempengaruhi kesehatan kulit.  

Stay happy and keep your skin healthy!
 

AUTHOR

Aulia

Leave a Comment
0 comment
Silahkan login untuk menulis komentar