Pengertian Administrasi Menurut Sondang P Siagian


Kita semua tentu pernah mendengar istilah administrasi. Istilah ini selalu berkaitan dengan perkantoran, usaha dan pemerintahan. Pengertian administrasi memiliki arti yang berbeda menurut para ahli. Di sini kami akan menjelaskan pengertian administrasi menurut Sondang P Siagian.

Apakah administrasi itu penting? Secara umum administrasi adalah usaha dan kegiatan atau usaha yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi, boleh dibilang bahwa administrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam semua aktivitas organisasi.

Sedangkan pengertian administrasi menurut KBBI (Kamu Besar Bahasa Indonesia) adalah sebuah usaha dan kegiatan yang berisikan penetapan tujan serta penetapan upaya-upaya penyelenggaraan pembinaan organisasi. Untuk pengertian administrasi menurut Sondang P Siagian silahkan baca penjelasan di bawah ini. Baca juga: Pengertian Negara Menurut Goerge Jellinek

Pengertian Administrasi Menurut Sondang P Siagian

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pedapatnya mengenai administrasi ini, seperti pengertian administrasi menurut Ulbert yang dimana beliau mengatakan bahwa administrasi sama halnya dengan tata usaha. Sedangkan pengertian administrasi menurut Sondang P Siagian adalah Keseluruhan atau segala bentuk dari proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan atas dasar rasionalitas tertentu agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Baca juga: Pengertian Administrasi Negara Menurut Para Ahli

Pada dasarnya Pengertian manajemen dan administrasi menurut para ahli hampir sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada fungsi administrasi yang untuk menentukan tujuan organisasi serta menata kebijaksanaan umum. Sedangkan manajemen lebih bersifat melaksanakan kegiatan untuk mencapat tujuan yang telah ditentukan. Baca juga: Teori Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Selain itu ada tiga hal penting yang wajib Anda ketahui mengenai adminstrasi yaitu:

  • Administrasi merupakan sebuah seni sekaligus sebuah proses. Dalam perannya sebagai seni, administrasi memerlukan kiat khusus yang bersifat kondisional dan situasional.
  • Di dalam administrasi ini ada beberapa unsur penting yang tak boleh diabaikan seperti adanya dua individu atau lebih, adanya kerjasama antar orang tersebut yang bersifat formal dan hirarkis, adanya sebuah tujuan, tugas dan tersedianya sarana dan prasarana.
  • Administrasi muncul secara bersamaan dengan peradaban manusia karena sama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

Administrasi adalah upaya  yang tidak boleh dihilangkan dalam sebuah proses pencapaian tujuan tertentu dalam organisasi atau kegiatan. Demikian pengertian administrasi menurut Sondang P Siagian yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Administrasi Menurut Sondang P Siagian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel