Pengertian Negara Secara Etimologis

Pengertian Negara Secara Etimologis

Kedudukan manusia dalam dunia ini adalah sebagai makhluk sosial dan individu. Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya manusia harus memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia membutuhkan sebuah wadah atau organisasi, itulah yang disebut bangsa atau Negara. Di sini kita akan membahas pengertian Negara secara etimologis, secara umum dan menurut beberapa ahli.

Negara adalah sebuah asosiasi manusia yang hidup untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Tujuan utama dan akhir suatu Negara yaitu untuk menciptakan kebahagiaan setiap rakyatnya. Untuk mencapai tujuan itu, suatu Negara harus melakukan dua tugas umum, yaitu mengatur kehidupan rakyat dalam Negara dan melaksanakan pemerintahan menggunakan perlengkapan Negara dengan baik. Baca juga: Jelaskan Perbedaan Pengertian Administrasi dalam Arti Luas dan Arti Sempit

Pengertian Negara Secara Etimologis

Pengertian Negara secara Etimologis yaitu "Negara" yang berasal dari terjemahan kata asing yaitu state (bahasa Inggris), etat (bahasa Prancis) dan pengertian Negara menurut bahasa Belanda berasal dari kata staat. Semua kata asing itu diambil oleh orang Eropa dari bahasa latin yaitu satum atau status yang berarti keadaan yang tegak dan tetap. Baca juga: Sebutkan Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Pendapat Arthur Grager

Kata status tersebut selalu diartikan sebagai standing atau station yang berarti kedudukan. Dari pengertian akhir, pada abad ke-16 kata status dikaitkan dengan kata Negara. Baca juga: Pengertian Administrasi Menurut Sondang P Siagian

Di Indonesia, istilah Negara berasal dari bahasa Sanskerta yaitu "nagara" atau "nagari" yang artinya adalah kota. Istilah Nagara sudah dikenal dan digunakan di Indonesia pada abad ke-5.

Pengertian Negara Secara Umum

Pengertian negara secara umum adalah organisasi pokok yang memiliki kekuasaan politik. Negara adalah bentuk dari organisasi masyarakat atau kelompok orang yang memiliki wewenang dalam mengatur hubungan, mengatur ketertiban, serta dapat menetapkan tujuan dari kehidupan bersama. Baca juga: Pengertian Administrasi Negara Menurut Para Ahli


Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Di antara berbagai definisi mengenai istilah Negara tersebut, tidak semuanya dianggap sempurna dan diterima oleh semua pihak. Sehingga para ahli mengeluarkan pendapatnya masing-masing mengenai pengertian Negara diantaranya:

  • Menurut Plato, bahwa Negara adalah manusia dalam ruang lingkup atau berukuran besar yang senantiasa selalu maju dan berevolusi.
  • Menurut Aristoteles, Negara adalah suatu perkumpulan dari keluarga dan desa yang bertujuan untuk mencapai kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Itulah pengertian Negara secara etimologis, secara umum dan menurut beberapa ahli. Dari sekian banyaknya pendapat mengenai pengertian Negara, dapat disimpulkan bahwa Negara adalah suatu wilayah di muka bumi yang memiliki kekuasaan politik, militer, ekonomi, sosial dan budaya yang semuanya diatur oleh pemerintah setempat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Negara Secara Etimologis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel