Segera Deteksi Kanker dengan Mengenali Gejala Kanker Sejak Dini


Kanker, kalau mendengar kata itu tentu semua orang menjadi takut. Kanker sering kali dianggap sebagai suatu penyakit yang susah disembuhkan. Penyakit ini dikenal dengan kemampuannya yang mampu berkamuflase karena gejalanya yang mirip dengan penyakit lain membuat penderitanya tidak menyadari bahwa dirinya terkena kanker. Di sinilah pengetahuan akan gejala kanker sangat penting agar Anda bisa mendeteksinya sejak dini.

Kanker adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan jaringan pada tubuh yang normal menjadi rusak. Setiap tubuh manusia terdapat triliunan sel yang menyebar di seluruh organ tubuh. Semua sel-sel tersebut terus berkembang menjadi sel baru. Sel-sel yang digantikan tersebut akan tua dan mati. Sedangkan sel kanker ini tidak akan mati dengan sendirinya, bahkan sel tersebut terus memperbanyak diri hingga tidak dapat dikendalikan lagi.

Kanker itu Disebabkan Oleh Apa?

Kanker bisa saja terjadi karena adanya faktor keturunan. Kanker lebih rentan menyerang orang yang berusia lebih dari 65 tahun, namun bukan berarti tidak dapat menyerang orang yang berusia muda. Penyakit mematikan ini juga dapat muncul karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti mengonsumsi alkohol secara berlebihan, merokok, sering terpapar sinar matahari berlebihan, kelebihan berat badan dan melakukan sex bebas. Sebuah penelitian menemukan bahwa gejala kanker pada wanita lebih sering terjadi dibandingkan pada pria.

Cara Mendeteksi Gejala Kanker Sejak Dini

Pertumbuhan kanker terbilang sangat cepat, apalagi gejala kanker sering kali diabaikan karena kurangnya pengetahuan. Untuk lebih lagi mengetahui apa kanker itu dan bagaimana gejalanya sangat mudah. Saat ini sudah ada forum berbasis internet seperti Halodoc yang akan memberikan berbagai kemudahan dalam mengontrol kesehatan Anda. Di sana Anda bisa menemukan berbagai artikel kesehatan yang bisa membantu Anda mengenali gejala kanker. Selain itu di  Halodoc Anda juga bisa melakukan konsultasi secara gratis via chat dengan dokter-dokter terbaik.

Nafsu Makan Berkurang 

Gejala kanker yang satu ini tidak begitu spesifik karena berkurangnya nafsu makan merupakan hal umum terjadi pada manusia. Namun berkurangnya nafsu makan bisa saja merupakan gejala awal dari kanker, terutama kanker usus dan kanker rahim. Hal itu dikarenakan adanya sel kanker yang menekan bagian lambung sehingga menimbulkan rasa sangat kenyang walaupun perut dalam keadaan kosong.

Darah pada Feses

Pada saat buang air besar cobalah untuk memperhatikan feses Anda. Jika terdapat darah bisa saja itu adalah tanda-tanda Anda terkena kanker. Darah pada feses itu muncul dari saluran pencernaan seperti lambung dan usus.

Benjolan di Leher

Terdapatnya benjolan di leher merupakan gejala awal dari kanker mulut, tenggorokan, tiroid, dan laring. Jika Anda mendapati benjolan yang tidak kunjung hilang, segeralah melakukan konsultasi dokter. Anda bisa mengunjungi rumah sakit yang tepat seperti RS Premier Bintaro. Di rumah sakit tersebut terdapat berbagai macam dokter dengan bidang spesialis yang berbeda-beda termasuk dokter yang bisa menangani gejala kanker yang Anda alami.

Berkeringat di Malam Hari

Hampir semua penderita kanker sering mengalami keringat di malam hari. Jika gejala ini berlangsung secara terus menerus jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Sering Mengalami Letih yang Luar Biasa

Gejala kanker ini sangat umum dialami oleh penderita kanker. Bahkan kelelahan ini tidak akan hilang meskipun Anda sudah beristirahat atau tidur.

Masih banyak lagi gejala kanker yang bisa Anda deteksi seperti wajah memucat, nyeri pada bagian tertentu, turunnya berat badan secara drastis, sering mengalami demam, batuk kronis, memar atau perubahan warna pada kulit. Mendeteksi gejala kanker sejak dini adalah langkah awal untuk mengobati kanker.

Belum ada Komentar untuk "Segera Deteksi Kanker dengan Mengenali Gejala Kanker Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel