Teori Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Ada banyak teori administrasi publik menurut para ahli yang bisa dipelajari. Sekilas arti dari masing-masing ahli terdengar berbeda, namun jika ditarik kesimpulan memiliki makna yang sama. Administrasi publik sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah negara. Pertama yaitu supaya masyarakat cinta dengan tanah air di mana masyarakat Indonesia sangatlah heterogen.

Fungsi kedua adalah untuk membangun hubungan yang baik dan tertib baik di dalam dan luar negeri. Ketiga adalah pembuatan regulasi yang mampu membangun manajemen ekonomi. Keempat adalah mensejahterakan sosial serta kelestarian alam hingga hak asasi manusia. Melihat begitu pentingnya ilmu ini, maka penting untuk mengenali teori administrasi menurut para ahli supaya tidak salah dalam penerapannya. Baca juga: Pengertian Negara Menurut Goerge Jellinek

Belajar Teori Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Apabila dilihat dari istilahnya, administrasi publik adalah pelayanan yang diberikan secara intensif. Berasal dari kata ad dalam bahasa Inggris yang artinya intensif dan ministrate yaitu to serve. Pelayanan yang intensif ini diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah.

Lalu bagaimana teori administrasi publik menurut para ahli? Yuk kenali pengertiannya secara mendalam berikut ini.

Harmon dan Mayer

Arti dari administrasi publik menurut Harmon dan Mayer adalah semua kegiatan yang dilakukan pegawai pemerintahan seperti birokrat, PNS, hingga administrator. Ada banyak jenis tugas pemerintahan yang dibebankan dalam kehidupan sehari-hari.

John M. Pfiffner

Administrasi publik menurut John M. Pfiffner adalah segala jenis kebijakan negara yang sudah ditetapkan oleh badan perwakilan politik.

Chander dan Plano

Pengertian administrasi publik merupakan proses sumber daya manusia yaitu mengarah pada personel publik. Mereka diarakah dan diorganisir untuk membuat serta mengelola keputusan dalam kebijakan publik.

Nicholas Henry

Menurut Nicholas Henry, administrasi publik merupakan kombinasi dari teori serta praktek yang tujuannya adalah mengemukakan tentang pemahaman pemerintah kepada masyarakat. Tujuannya adalah supaya kebijakan publik lebih responsif dengan kebutuhan sosial.

Prayudi

Administrasi publik menurut Prayudi adalah administrasi yang dilakukan oleh organisasi negara. Di mana tujuannya adalah supaya tujuan kenegaraan dapat tercapai.

Semua teori administrasi publik menurut para ahli di atas dapat disimpulkan yaitu kebijakan publik yang memiliki orientasi luas. Mulai dari pelayanan publik hingga pemberdayaan masyarakat.

Belum ada Komentar untuk "Teori Administrasi Publik Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel