Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Luka Operasi di Rumah

Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Luka Operasi di Rumah

Memilih untuk melakukan perawatan luka operasi di rumah itu hal yang sangat tepat di tengah pandemi seperti sekarang ini. Meskipun memang perawatan tersebut dilakukan secara mandiri atau atas bantuan dari perawat rumah sakit. Sedikit pengetahuan bahwa yang namanya luka operasi itu tidak boleh ditangani oleh sembarangan orang, perlu tindakan yang cukup steril untuk menghindarkan luka tersebut dari benda-benda luar yang bisa membuat luka robek atau mungkin juga terkena infeksi. Jika hal tersebut sudah terjadi maka Anda juga yang akan repot. Dalam artian luka yang semakin parah dan pastinya uang yang harus Anda keluarkan juga akan semakin banyak sebagai biaya untuk merawat luka tersebut.

Orang-orang yang memiliki luka yang timbul karena operasi memang salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan dengan baik-baik. Terlebih jika kebetulan luka tersebut timbul pasca operasi untuk penyakit yang sangat kronis seperti kanker atau luka tersebut terdapat di bagian tubuh yang sangat sensitive dan mudah sekali robek seperti misalnya luka yang ada di perut atau di kepala. Untuk itu, jika Anda punya luka pasca operasi jangan langsung memutuskan untuk merawat luka tersebut secara mandiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan mungkin juga keberanian untuk menangani dan merawat luka tersebut. Jika sampai salah langkah maka luka akan robek kembali dan Anda sendiri juga yang akan susah.

Tetapi jika Anda kebetulan sudah memiliki pengalaman dan berbagai pertimbangan hal lain misalnya masalah biaya yang cukup mepet, maka tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk mengambil jalan melakukan perawatan luka pasca operasi kanker di rumah secara mandiri tanpa bantuan pihak perawat dari rumah sakit atau klinik yang akan membantu Anda untuk merawat luka tersebut. Jadi jika Anda melakukannya secara mandiri di rumah, berikut ini adalah beberapa hal penting yang bisa menjadi perhatian Anda:

Usahakan luka jangan sampai terkena air

Jika luka operasi masih baru, usahakan luka tersebut jangan sampai terkena air terlebih dahulu. Ditakutkan nanti luka tersebut jika terkena air malah akan robek dan tentunya akan membuat luka tidak kunjung kering dan sakit juga tidak kunjung sembuh. untuk itu, supaya terhindar dari yang namanya air meski air tersebut adalah air bersih biasanya Anda harus menghindari mandi untuk menjaga luka tersebut agar tetap kering. Dengan begitu Anda bisa membasuh saja bagian tubuh Anda tanpa mandi. 

Ganti perban berkala

Saat Anda memiliki luka pasca operasi dan kebetulan di lakukan perawatan secara mandiri di rumah, Anda harus mengganti perban pembungkus luka tersebut secara berkala. Jadi tujuannya adalah perban tersebut tetap steril dan bebas dari benda-benda luar yang mungkin bisa menyebabkan luka menjadi semakin parah karena adanya infeksi yang timbul dari bekas perban yang tidak steril. Selain itu, saat Anda mengganti perban untuk penutup luka tersebut usahakan tangan tetap bersih dan cuci tangan terlebih dahulu serta jika perlu gunakan hand sanitizer.

Itulah hal penting yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk melakukan perawatan luka sendiri di rumah. Karena ketika melakukan perawatan luka pasca operasi kanker, gangrene, atau operasi yang lainnya tidak dilakukan dengan benar dan hati-hati maka akan menimbulkan hal yang cukup serius. Namun jika karena Memang jika karena berbagai macam pertimbangan seperti masalah biaya yang tidak cukup untuk memanggil perawat yang bisa datang ke rumah untuk merawat luka operasi Anda bisa mengambil tindakan untuk merawat luka tersebut secara mandiri di rumah dengan hati-hati dan sesuai interuksi yang sudah diberitahu oleh dokter atau perawat.

Posting Komentar untuk "Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Luka Operasi di Rumah"