Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai Berbagai Hal Berikut Saat Mengajukan Pinjaman

Waspadai Berbagai Hal Berikut Saat Mengajukan Pinjaman

Melakukan pinjaman online menjadi solusi praktis saat ini dalam mendapatkan pinjaman dana. Karena cukup mengandalkan gadget yang terkoneksi dengan internet saja, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman dana dengan proses yang mudah dan cepat.

Bahkan dalam hitungan menit saja, dana yang diajukan bisa segera cair. Dengan catatan semua persyaratan sudah terpenuhi semua. Sehingga bagi Anda yang sedang mencari pinjaman cepat cair dalam hitungan menit, maka pinjaman online menjadi jawabannya. Namun pinjaman online yang cukup mudah dan cepat ini tak jarang sering disalahgunakan oleh sebagian orang. Dimana ada sejumlah badan yang menyediakan pinjaman online melakukan berbagai hal yang menyalahi aturan. Sehingga sebagai calon debitur, Anda perlu mewaspadainya.

Pinjaman online memang memiliki berbagai keunggulan dengan prosesnya yang mudah dan cepat. Namun Anda juga jangan mudah tergiur dengan iming-iming dari berbagai layanan pinjaman online tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena pinjaman online sangat rentan terhadap penipuan, mengingat segala sesuatunya dilakukan secara online mulai dari proses pengisian form, persyaratan dokumen, hingga pencairan dana. Anda tidak bertemu tatap muka langsung dengan pihak kreditur. Sehingga kredibilitas pinjaman online yang bersangkutan perlu Anda pastikan sebelum mantap mengajukan pinjaman.

Ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai saat mengajukan pinjaman online, yaitu: 

1. Bunga mencekik.

Dibalik kemudahan persyaratan dan proses yang relatif lebih singkat, tak jarang beberapa pinjaman online memberikan bunga pinjaman yang cukup besar. Sehingga hal ini patut untuk Anda waspadai. Jika ada penawaran pinjaman online yang mudah prosesnya, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu. Sehingga resiko mendapatkan bunga pinjaman yang mencekik bisa dihindari. Karena pinjaman dengan bunga yang besar nantinya akan membuat Anda kesulitan dalam mengangsurnya. Belum lagi jika besaran bunganya ini selalu berubah-ubah setiap waktu, tentu akan semakin menyusahkan Anda. Agar mendapatkan fintech yang tepat, jangan ragu untuk membandingkan bunga yang ditawarkan dengan fintech lainnya.

2. Denda yang menjerat.

Selain memperhatikan ketentuan bunga pinjaman, saat berencana mengajukan pinjaman online sebaiknya perhatikan juga ketentuan dendanya. Karena biasanya beberapa orang ada yang abai mengenai ketentuan denda ini, padahal tidak kalah pentingnya. Denda memang muncul ketika debitur telat membayar angsuran. Akan tetapi mengingat Anda selaku debitur tidak tahu apakah di kemudian hari akan mengalami kesulitan membayar ataukah tidak, maka sebaiknya cari amannya saja. Sebaiknya minimalisir resiko dengan memperhatikan ketentuan denda yang berlaku. Karena faktanya, ada pinjaman online yang mematok denda harian dan mingguan.

3. Adanya biaya lain-lain yang tersembunyi.

Saat mencari pinjaman online, sebaiknya Anda jangan berfokus pada bunga pinjaman dan biaya dendanya saja. Karena tak jarang ada pinjaman online yang menawarkan bunga pinjaman rendah, namun ternyata ada biaya lain-lain yang menyertai. Sebaiknya cari tahu biaya lain-lain apa saja yang menyertai agar nantinya tidak memberatkan Anda sendiri.

4. Review layanan.

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi pinjaman online, sebaiknya ketahui bintang atau rating dari layanannya di Playstore atau App Store. Semakin tinggi ratingnya maka bisa dikatakan akan semakin kredibel juga pinjaman yang ditawarkan. Jangan malas untuk melihat review atau komentar dari pengguna aplikasi tersebut karena berguna untuk mengetahui apakah layanannya bagus atau justru sebaliknya.

5. Fintech nakal.

Saat ini layanan pinjaman online yang resmi bisa diketahui dengan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga sebelum mengajukan pinjaman, pastikan layanan pinjaman online yang bersangkutan sudah terdaftar di OJK agar terhindar dari fintech nakal.

Dengan memperhatikan dan mewaspadai berbagai hal di atas, maka Anda tidak perlu khawatir lagi saat mengajukan pinjaman cepat cair dalam beberapa menit lewat aplikasi pinjaman online. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Waspadai Berbagai Hal Berikut Saat Mengajukan Pinjaman "