Hangouts & Travel

5 Hal Menarik Tentang Sumba yang Perlu Kamu Tahu!

Kadek Arini
By Kadek Arini

Member

Share To:
5 Hal Menarik Tentang Sumba yang Perlu Kamu Tahu!

Sumba, sebuah pulau kecil yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Sumba memang memiliki daya tarik akan keeksotikannya. Beberapa kali dijadikan lokasi shooting film layar lebar Indonesia, nama Pulau Sumba semakin banyak disebut-sebut sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia.

1. Pulau yang Disusun oleh Bukit-bukit Sabana

Perjalanan darat di Pulau Sumba tidak akan pernah membosankan, karena kita akan disuguhi pemandangan perbukitan sabana yang cantik. Sebesar lima puluh persen lanskap Pulau Sumba adalah perbukitan kapur yang tidak bisa ditanami tanaman, jadi hanya tumbuh rumput di perbukitan itu yang menjadikan pulau ini indah dengan caranya.

2. Keindahan Alam yang Tak Tersembunyi

Pulau Sumba menempati ranking paling atas untuk air terjun dan pantai tercantik versi saya. Beberapa air terjun di Pulau Sumba terletak tersembunyi di balik hutan maupun tebing di mana dibutuhkan sedikit waktu untuk trekking. Tapi hal ini yang menjadikan wisata alam di Sumba masih terlihat asli. Karakter pantai Sumba adalah pantai dengan ombak besar dan pantai putih. Karena ombaknya yang bagus, banyak perselancar dunia yang menghabiskan waktu di laut Sumba.

3. Membangkitkan Jiwa Petualang

Akses untuk mecapai beberapa destinasi di Pulau Sumba memang sedikit butuh usaha seperti trekking maupun jalan yang berkelok. Namun hal ini yang akan menjadikan perjalanan di Sumba menjadi pengalaman yang tak terlupakkan, karena di balik usaha yang kita keluarkan untuk mencapai destinasi, akan terbayar oleh sebuah tempat indah yang masih asli dari bumi.

4. Keunikan Adat Istiadat

Siapa yang tidak terhipnotis dengan keindahan kain Sumba ? Cerita yang ada dibalik pattern setiap kain berbeda dan sangat menarik untuk didengar. Proses pembuatan satu helai kain Sumba juga bisa mencapai waktu berbulan-bulan karena masih menggunakan teknik pewarnaan alami dari tumbuhan. Selain membeli kain Sumba, kita juga bisa melihat langsung proses pembuatan kain Sumba yang diciptakan sepenuh hati oleh para pengrajin kain Sumba.

5. Mengajarkan Kebahagian dalam Kesederhanaan

Menginjakkan kaki di Pulau Sumba mengajarkan kita bahwa kebahagian ada dalam kesederhanaan. Tidak butuh bangunan nan mewah untuk melengkapi kebahagian, tapi cukup merasakan tenangnya desiran air laut, jernihnya air terjun, hangatnya matahari yang tenggelam di balik perbukitan, dan polosnya tawa bahagia anak-anak Sumba yang berlari di savanna. Kita akan disadarkan oleh keindahan alam itu sendiri dan kesederhanaan orang di dalamnya.

Pulau Sumba memang selalu di hati. Karena Sumba bukan hanya sebuah destinasi akhir tapi juga sebuah destinasi awal untuk lebih menghargai arti sebuah perjalanan. Cerita Indonesia Kita kali ini akan mengajak teman-teman untuk mengenal keberagaman di daerah timur Indonesia dan mengajak untuk mengenal arti kebahagiaan dalam kesederhanaan di Pulau Sumba. Menangkan dan ikuti Cerita Indonesia Kita Trip ke Sumba, caranya bisa langsung di klik link berikut ini bit.ly/tebakdimana ya!

A A A
A

Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      Related Article