Beauty

Bisakah Komedo Dihindari? Ini Jawabannya, Girls!

Editor Cerita Kita
By Editor Cerita Kita

Member

Share To:
Bisakah Komedo Dihindari? Ini Jawabannya, Girls!

Munculnya komedo di wajah, terutama di sekitar hidung, bisa sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika komedo yang ada di wajahmu termasuk komedo dengan permukaan terbuka yang berwarna kehitaman atau kecokelatan. Komedo sendiri pada dasarnya terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak (sebum). Jadi, apakah komedo bisa dihindari? Jawabnya bisa ya, Girls. Meski tidak bisa 100% dihindari, namun munculnya komedo bisa diminimalisir dengan beberapa cara ini.

1. Cuci Muka Secara Teratur

Karena komedo berasal dari tumpukan minyak dan sel kulit mati, jadi penting untuk menjaga kebersihan wajah agar terbebas dari komedo. Cuci muka secara teratur dua kali dalam sehari dengan pembersih wajah yang mampu mengangkat minyak dan kotoran hingga ke dalam pori. Kamu bisa menggunakan Clean & Clear Daily Pore Cleanser yang mampu membersihkan pori tersumbat pada sumbernya dan mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan komedo.

2. Keramas 2-3 Kali Seminggu

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa kaitannya antara komedo dan keramas. Jawabnya adalah karena rambut yang berminyak dan kotor bisa menjadi pencetus tersumbatnya pori, apalagi jika kamu memiliki rambut yang panjang dan rambutmu sering menyentuh wajah. Jadi, pastikan kamu keramas 2-3 kali seminggu untuk menjaga kebersihan rambutmu.

3. Jaga Kebersihan Tangan & Kuku

Tak hanya kebersihan rambut, tangan dan kuku juga perlu kamu jaga kebersihannya ya, Girls. Tangan dan kuku yang bersih akan menghindari perpindahan kotoran dari tangan dan kuku ke wajahmu.

4. Ganti Sarung Bantal dan Seprai Seminggu Sekali

Mengganti sarung bantal dan seprai seminggu sekali akan membantu menjaga agar tempat tidurmu terjaga kebersihannya. Ini akan meminimalisir perpindahan sisa kotoran dan minyak yang menempel pada bantal dan sprei ke wajahmu, yang menjadi penyebab komedo.

5. Hindari Makanan Tinggi Gula & Lemak

Makanan dengan kadar lemak dan gula tinggi akan menyebkan produksi minyak berlebih. Jadi, kamu perlu menghindari jenis makanan ini untuk mencegah datangnya komedo di wajahmu.

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Oil-Free

Setelah melakukan semua tips di atas, pastikan juga kamu menggunakan produk perawatan kulit yang oil-free atau bebas minyak. Produk dengan oil-free umumnya memiliki formula non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori yang dapat memicu timbulnya komedo.

BACA JUGA: Kesal dengan Komedo Membandel? Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasinya!

A A A
A

Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      Related Article