Hangouts & Travel

Saatnya Mengenal Keindahan Melalui Perbedaan!

Kadek Arini
By Kadek Arini

Member

Share To:
Saatnya Mengenal Keindahan Melalui Perbedaan!

Perjalanan bukan hanya tentang cantiknya suatu tempat. Tapi, perjalanan juga mengajarkan ku banyak hal bahwa setiap orang dilahirkan beragam. Kita menginjak tanah yang sama dan memandang langit yang sama, tapi kita berbeda. Semakin jauh aku berjalan, semakin aku tersadar akan keindahan Indonesia, keindahan yang diawali dari adanya perbedaan. Keindahan yang menjadi nyata karena apa yang kita lihat, kita rasa, dan kita dengar menjadi tak sama.

(image source: writtenwordnerd.com)

 

Katanya keberagaman itu salah dan kadang jadi masalah. Kalau keberagaman itu salah, bagaimana dengan teman kita yang terlahir dengan kulit coklat dikarenakan tinggal di daerah tropis? apakah memiliki rambut keriting karena faktor genetik itu salah? Atau apakah memiliki hobi yang berbeda juga salah? Mengapa suatu hal yang terlihat tidak sama dengan orang kebanyakan dianggap salah dan haruskah kita menyamakan semua hal hanya untuk supaya terlihat sama?

Buatku, keberagaman itu indah dan membuatku belajar akan pentingnya sebuah toleransi. Pentingnya Toleransi adalah mengerti bahwa tidak semua orang terlahir sama, dan terlahir berbeda juga bukan pilihan mereka. Kita sebagai manusia yang memiliki pikiran dan hati sudah seharunya menghormati perbedaan dan saling menghargai secara perlahan.

 (image source: journal.momotrip.co.id)

 

Indonesia memiliki 300 suku dan berbicara 750 bahasa lokal, dan inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai Warga Negara Indonesia untuk hidup rukun saling bertoleransi. Keberagaman yang ada bukan untuk memecah belah melainkan bisa dijadikan kelebihan khususnya, dari segi wisata. Bayangkan, kalau semua terlihat sama? Semua perbedaan itulah yang membuat persatuan lebih bermakna. Beda itu nyata, beda itu tidak salah, karena beda selalu punya cerita.

(image source: everytimevacation.blogspot.com)

 

Trip dan Cerita Indonesia Kita akan mengingatkan kita akan hal tersebut. Selain jalan-jalan di kota Yogyakarta, kita juga akan mulai mengenal dan saling menghargai keberagaman yang ada. Ikuti dan menangkan Cerita Indonesia Kita Trip ke Jogja! Caranya bisa langsung di klik link berikut ini ya.

Sampai jumpa di Jogja!

A A A
A

Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      Related Article