Beauty

Mengenal Jerawat dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Editor Cerita Kita
By Editor Cerita Kita

Member

Share To:
Mengenal Jerawat dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Debu, polusi, hormon, dan bahkan makanan yang kamu konsumsi setiap hari bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di wajahmu. Jerawat sendiri terbagi menjadi dua, yaitu jerawat meradang dan tidak meradang. Yuk, coba mengenal jerawat dan cara mengatasinya!

Jerawat Tidak Meradang

Jerawat jenis pertama yaitu jerawat yang tidak meradang atau biasa dikenal dengan komedo. Komedo terjadi karena kelebihan sebum atau minyak di kulit. Nah, komedo sendiri terbagi menjadi komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Apa sih bedanya?

pinkycloud(image source: pinkycloud.com)

 

Whiteheads merupakan komedo yang berada di bawah permukaan kulit sehingga tertutup dan  tampak berwarna putih. Penyebab munculnya whiteheads ini karena pori-pori kulit kita yang tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, bakteri, maupun minyak berlebih. Sedangkan blackheads dikenal dengan sebutan komedo terbuka. Komedo jenis ini muncul di permukaan kulit sehingga terjadi proses oksidasi yang membuat tampilan kulit menjadi hitam.

Cara untuk mengatasi komedo atau jerawat tidak meradang adalah dengan rajin membersihkan wajah dan eksfoliasi kulit. Pastikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari di pagi dan malam hari. Lanjutkan dengan melakukan eksfoliasi kulit 2-3 kali dalam seminggu. Kamu bisa mencoba membuat scrub berbahan campuran madu dan gula, lalu gosok lembut pada wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 10-15 menit. Cuci dengan menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan kompres es batu untuk menutup pori.

escentualcom(image source: escentual.com)

 

Baca juga: Skincare yang Harus Dibawa Saat Traveling

 

Jerawat Meradang

Jenis jerawat yang kedua yaitu jerawat meradang. Ada beberapa tipe jerawat meradang yaitu papula, puspula, dan nodula. Papula terjadi ketika komedo yang muncul di wajah tidak diatasi, sehingga ia kemudian meradang. Papula berwarna merah dan berisi cairan serta minyak, namun tidak punya “mata” sehingga tidak bisa dipecahkan. Saat disentuh, jerawat jenis ini akan terasa sakit.

Apabila papula ini tidak diatasi, maka akan muncul pustula. Di mana jerawat meradang dengan warna merah itu memiliki “mata” yang jika pecah akan mengeluarkan nanah. Terakhir yaitu nodula, merupakan jerawat yang terjadi di bawah permukaan kulit sehingga tidak terlihat namun terasa sakit saat disentuh.

belezaesaudecom(image source: belezaesaudecom)

 

Untuk mengatasi jerawat yang meradang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

1. Pastikan untuk tidak menyentuh jerawat, karena bakteri yang ada di tangan akan tertranfer ke wajah dan membuat jerawat semakin parah.

2. Bersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, di pagi dan malam hari. Apabila kamu menggunakan foundation, jangan lupa untuk melakukan double cleansing.

3. Kompres jerawat dengan es batu untuk mengurangi peradangan.

4. Gunakan sunscreen saat berada di luar ruangan untuk menghalau pengaruh buruk sinar matahari yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

5. Ganti sarung bantal setidaknya 1-2 minggu sekali, untuk mengurangi risiko munculnya jerawat.

6. Gunakan face paper untuk mengurangi minyak berlebih di wajah yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

7. Apabila jerawat terus muncul dan tak kunjung mereda, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengatasinya. 

Kalau kamu punya tips atau info penting lainnya, silakan register dan tulis ceritamu di sini!

A A A
A

Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      Related Article