Movie & Music

Meningkatkan Mood dengan Jenis Musik yang Tepat

Editor Cerita Kita
By Editor Cerita Kita

Member

Share To:
Meningkatkan Mood dengan Jenis Musik yang Tepat

Pssst, ternyata mendengarkan musik dapat mempengaruhi mood dan menambah semangat beraktifitas kita lho! Contohnya, musik dapat mengatasi rasa kebosanan dikala sedang menghadapi kemacetan atau saat kita sedang lelah, musik dapat membuat kita menjadi lebih santai.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Ferguson, yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang dapat meningkatkan mood mereka dan meningkatkan kebahagian dengan cara mendengarkan musik. Hal ini terjadi karena dengar mendengarkan musik, tubuh kita menghasilkan dopamin di dalam otak yang merespon musik sehingga dapat membuat tubuh terasa lebih bahagia dan bersemangat.

Meski pada dasarnya semua jenis musik berpengaruh terhadap mood, tetapi ada beberapa jenis musik khusus yang dapat memperbaiki suasana hati menjadi jauh lebih baik. Nah, jenis-jenis musik dibawah ini akan membantu mood yang sedang kamu rasakan, karena dengan jenis musik yang pas mood kamu pun akan menjadi lebih terasa:

 

  1. Blues: Jika kamu sedang merasa gelisah atau gugup, musik blues sangat pas untuk kamu! Jenis musik ini akan memperlambat detak jantung dan membuat diri kamu menjadi lebih tenang.

 

  1. Rock and Punk: Musik yang berenerjik ini dapat memiliki tingkat energi yang besar dan mendorong adrenalin kamu jauh lebih meningkat. Sehingga dapat membuat kamu lebih cepat sadar saat kamu sedang merasa ngantuk mengerjakan tugas. Efek musik ini akan sangat tergantung pada pendengarnya, jika kamu menikmati jenis musik ini maka akan memberikan kesenangan, namun jika kamu tidak suka mendengarkan rock maka perasaan marah dan kesal akan keluar.

 

  1. Reggae: Selain jenis musik ini sering kita di dengarkan saat sedang berlibur ke pantai, musik reggae ternyata dapat menurunkan tingkat emosi yang berlebihan. Karena jenis musik reggae menenangkan, kamu juga bisa dengarkan saat kamu sedang ingin mencoba beristirahat.

 

  1. Pop/rock: Lagu-lagu ini sering sekali kita dengar kan di sekitar kita seperti di radio, tv, internet. Jenis musik ini mudah dicerna dan dapat membuat detak jantung menjadi normal dan membuat nafas menjadi lebih konsisten.

 

  1. Romance: Lagu ini sangat pas didengarkan untuk kamu yang sedang jatuh cinta dengan pasangan. Tapi kalau kamu sedang mengalami putus cinta, sebaiknya hindari lagu-lagu romantis ya!

 

  1. Dance and disco: Lagu ini dapat membuat mood kamu menjadi lebih semangat dan membuat jari-jari kamu ingin bergerak. Karena lagu jenis ini cenderung lebih fun dan memiliki tempo yang cepat.

 

  1. Rap and hip hop: Jenis musik ini sering membawa pesan tersendiri dan memiliki efek yang bervariasi pada orang. Banyak orang menyatakan bahwa musik rap dan hip hop dapat mendorong perasaan marah, rileks atau menambah energi.

 

  1. Country: Meskipun cukup terkenal di kalangan remaja, musik country merupakan salah satu jenis musik yang kurang mengukapkan perasaan senang. Jika kamu sedang mengalami depresi, sebaiknya hindari lagu-lagu country.

 

  1. Broadway: Dengan kemunculan film-film yang membawa nuansa teater musical, musik jenis ini dapat menambah motivasi. Musik ini dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan kreatifitas.

 

  1. Latino dan Meditasi: Kedua jenis musik ini ternyata dapat menghilangkan gejala kelelahan dan membuat diri kamu akan lebih merasa tenang dalam segala situasi. Lagu ini sangat pas untuk kamu yang ingin melepas rasa jenuh atau sekedar ingin menghilangkan pikiran negatif.
A A A
A

Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      Related Article