Hangouts & Travel

Tempat yang Harus Dikunjungi di Pulau Sumba

Kadek Arini
By Kadek Arini

Member

Share To:
Tempat yang Harus Dikunjungi di Pulau Sumba

Berhadapan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan Pulau Sumba memiliki daya tarik tersendiri. Dari mulai topografi perbukitan yang unik, kultur yang menarik untuk disimak hingga gradasi warna langit pada saat matahari tenggelam yang cantik. Banyak sekali tempat indah yang bisa dieksplor di Pulau Sumba, dan berikut ini adalah 6 tempat yg harus ada di dalam daftar kamu:

1. Berenang di Danau Jernih Weekuri Lake

Berkunjung ke Pulau Sumba paling direkomendasikan dimulai dari Sumba Barat. Sumba Barat memiliki pantai dan danau yang indah, salah satunya adalah Danau Weekuri yang merupakan Danau air asin. Danau Weekuri merupakan danau yang terbentuk dari air laut yang terperangkap. Jadi, meskipun bentuknya seperti danau dengan air yang tenang, air di sini merupakan air asin.

2. Sunset di Pantai Mbawana

Keunikan dari Pantai Mbawana adalah berdiri nya sebuah batu bolong yang terbentuk dari seleksi alam. Untuk turun ke bawah pantai, dibutuhkan persiapan yang matang karena tangga ke bawah cukup terjal. Namun pengunjung masih bisa menikmati kecantikan Pantai Mbawana dari atas tebing apabila tidak mau turun ke bawah.

3. Melihat Rumah Tradisonal Adat Sumba di Ratenggaro

Sumba adalah salah satu Pulau di Indonesia yang memiliki rumah adat yang unik. Rumah adat Sumba memiliki ciri khas dengan atap menjulang tinggi yang memiliki fungsi untuk menyimpan makanan dan di bagian bawah panggung dipergunakan untuk tempat tinggal hewan peliharaan. Di sini, kita dapat melihat bagaimana kehidupan asli dan tradisional ala adat Sumba.

4. Menjelajah Bukit Sumba di Wairinding

Pastikan kamu tidak tertidur saat perjalanan darat dari Sumba Barat ke Sumba Timur. Topografi pulau Sumba yang dibentuk dari savanna perbukitan membuatnya terlihat eksotis, khususnya saat musim kemarau. Ketika musim Hujan, bukit-bukit savanna akan berubah warna menjadi hijau yang tidak kalah indahnya. Titik untuk memuai menelusuri perbukitan Sumba adalah Bukit Wairinding, dari sini pula kita bisa melihat matahari tenggelam dibalik bukit savanna.

5. Air terjun Waimarang di Tengah Hutan Tropis

Air Terjun Waimarang tidak sengaja ditemukan oleh warga lokal beberapa tahun lalu. Letaknya sangat tersembunyi dan belum banyak orang tahu cara mengaksesnya. Dibutuhkan persiapan fisik yang kuat pula untuk mencapai Air Terjun Waimarang, sekitar total 60 menit berjalan kaki menurun dan menanjak baliknya. Namun, semua itu terbayar ketika melihat air turun dengan derasnya di tengah hutan tropis.

6. Melihat Pohon Menari di Walakiri

Belum ke Sumba sepertinya kalau belum berkunjung ke Pantai Walakiri. Pantai ini bisa dibilang sebagai ikon dari Pulau Sumba. Waktu terbaik untuk melihat keindahan Walakiri adalah ketika matahari tenggelam. Pohon-pohon mangrove akan terlihat seperti menari-nari dibalik senja berwarna jingga.

Indonesia tidak akan pernah habis untuk di eksplor. Karena letak geografisnya menjadikan Indonesia memiliki beragam adat-istiadat dan alam yang mengundang tamu untuk datang. Saatnya kita sebagai bangsa Indonesia untuk mengenal lebih dekat kekayaan negeri ini dan bagaimana perbedaan itu justru bisa mempersatukan kita melalui #CeritaIndonesiaKita Trip bersama CLEAN & CLEAR® ke Pulau Sumba.

BACA JUGA: Tips Traveling Ke Sumba ala Kadek Arini

A A A
A

Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      Related Article