Mengenal Keberagaman Melalui Traveling

Volume 5: Mengenal Keberagaman Melalui Traveling

Girls, pasti sudah tahu dong dengan Kadek Arini? Seorang travel blogger yang lahir dan besar di Jakarta ini sudah menjelajah banyak tempat di Indonesia dan di luar negeri. Melalui blognya, ia berbagi pengalamannya mengenai traveling, fotografi, dan tips seputar perjalannya.

Well, yuk kita ngobrol dan kenalan lebih lanjut sama Kadek! Sekaligus belajar untuk mengenal keberagaman melalui traveling.

kadekarini_2

Q: Selain traveling apa sih kesibukan kamu saat ini?

A: Hm, selain traveling sih saat ini saya juga membuat artikel perjalanan termasuk menulis dan mengambil foto saat traveling untuk di blog pribadi maupun kontributor website dan majalah lokal.

Q: Dulu awalnya apa yang bikin kamu tertarik jadi travel blogger?

A: Sebenernya nggak pernah berniat untuk menjadikan travel blogger sebagai pekerjaan sih. Awalnya cuma menjalankan hobi aja, traveling dan fotografi. Tapi kemudian saya merasa sayang kalau pengalaman yang beragam ini hanya saya simpan sendiri, makanya saya memutuskan untuk membagikannya lewat media sosial.

Q: Nah, kamu kan sudah keliling ke banyak tempat dan bahkan juga negara ya. Apa sih sebenarnya yang bikin kamu “kecanduan” traveling?

A: Pengalaman sih. Saya banyak mendapat pengalaman berbeda yang memiliki keunikan tersendiri, yang selalu bikin penasaran ada apa lagi di belahan dunia lain.

29093608_391022414641789_3963063995870478336_n

Q: Oh, jadi rasa penasaran ya yang selalu menantang kamu untuk menjelajah banyak tempat. Trus kalau mau traveling gitu persiapan kamu apa aja sih?

A: Yang paling penting adalah research lewat internet tentang tempat yang akan didatangi, jadi bisa menghindari scam. Kemudian, sesuaikan kebutuhan pakaian dan lainnya dengan tempat tujuan.

Q: Di Indonesia kamu paling suka traveling ke mana? Alasannya?

A: Menurut saya semua bagian Indonesia sangat unik untuk dijelajahi, tapi yang paling berkesan adalah bagian Indonesia timur ya, karena kulturnya sangat eksotis dan unik.

kadek_1

Q: Selama menjelajah, hal baru apa sih yang paling “aneh” atau nggak masuk akal yang kamu temui, terutama di Indonesia? Gimana kamu nyikapinnya?

A: Sebenernya hal aneh itu dapat diartikan dengan suatu hal yang tidak biasa dilakukan, dan itu bisa menjadi berbeda persepsinya. Seperti contohnya ketika saya berada di Aceh, saya diwajibkan mengenakan pakaian full tertutup dan memakai kerudung untuk menutupi kepala, meskipun saya non muslim tapi saya harus melakukannya untuk menghormati kultur lokal. Yang kedua adalah ketika traveling ke Indonesia timur, saya lumayan kaget ketika visit pertama kali karena orang di sini logatnya berbicara intonasi kencang, dipikir marah-marah tapi ternyata memang kultur di Indonesia timur seperti itu dan mereka tidak bermaksud untuk marah, malah baik banget.

Q: Setelah melihat dan mengalami sendiri adanya perbedaan, menurut kamu perbedaan itu apa sih?

A: Menurut saya, perbedaan adalah sebuah keberagaman. Setiap orang dilahirkan berbeda, baik dari segi fisik, selera. Kemudian keberagaman itu semakin eksis karena adanya kultur yang dibentuk oleh sebuah kebiasaan.

21041145_264316654082134_5879328685080707072_n 

Q: Trus, gimana kamu menyikapi perbedaan?

A: Saya lebih senang menyebut kata perbedaan menjadi keberagaman. Karena keberagaman itu indah dan membuatku belajar akan pentingnya sebuah toleransi. Pentingnya toleransi adalah mengerti bahwa tidak semua orang terlahir sama dan terlahir berbeda juga bukan pilihan mereka. Kita sebagai manusia yang memiliki pikiran dan hati sudah seharusnya menghormati perbedaan dan saling menghargai secara perlahan.

Q: So, menurut kamu apa jadinya jika tidak ada perbedaan di dunia ini?

A: Semua perbedaan itulah yang bikin persatuan lebih bermakna. Beda itu nyata, beda itu tidak salah, karena beda selalu punya cerita.

(image: Instagram @kadekarini)


Nilai terbanyak:

      Silakan login untuk berkomentar

      This Volume Article